diposkan pada : 13-07-2023 13:09:23 Tips Mendidik Anak di Era Digital yang Bisa Kita Terapkan

Dilihat : 248 kali

Tips Mendidik Anak di Era Digital yang Bisa Anda Terapkan

Terkadang, sebagai orang tua kita merasa cemas bahwa kemajuan teknologi dapat memiliki dampak negatif pada perkembangan anak. Namun, kita tidak bisa menghindari kemajuan teknologi ini karena sebenarnya gadget dan internet juga dapat memberikan manfaat bagi anak-anak. Yang terpenting adalah bagaimana kita sebagai orang tua dapat mengawasi dan mendidik anak sesuai dengan zaman yang mereka hadapi saat ini, yaitu era digital.

Saya ingin berbagi beberapa tips dan trik yang dapat kita terapkan dalam mendidik anak di zaman yang penuh dengan kemajuan teknologi seperti saat ini.

Membuat aturan penggunaan gadget dan internet


Adalah penting bagi kita sebagai orang tua untuk membuat aturan yang jelas tentang penggunaan gadget dan internet di rumah. Kita dapat menyesuaikan aturan tersebut dengan kebiasaan dan pola asuh yang diterapkan. Misalnya, Anda dapat mengatur bahwa anak tidak diperbolehkan menggunakan gadget saat makan, menjelang tidur, atau saat sedang berkumpul dengan keluarga. Sebagai gantinya, Anda dapat memberikan waktu khusus bagi anak untuk bermain gadget setelah makan siang atau setelah bermain di luar. Aturan ini akan membantu anak menjadi lebih disiplin dalam mengatur waktu bermain mereka.

 

Mengatur batasan waktu penggunaan gadget


Pada era digital ini, anak-anak cenderung menghabiskan banyak waktu menatap layar gadget seperti televisi, ponsel, atau bermain video game. Penting bagi Anda untuk mengatur batasan waktu penggunaan gadget tersebut. Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), anak di atas usia 2 tahun sebaiknya tidak melebihi 2 jam dalam menatap layar perangkat elektronik setiap harinya. Terlalu banyak waktu yang dihabiskan untuk menatap layar dapat berisiko menyajikan informasi yang tidak sesuai dengan usia mereka, serta dapat mempengaruhi kesehatan mata anak.

 

Mendampingi anak saat bermain gadget


Salah satu cara mendidik anak di era digital adalah dengan tetap mendampingi mereka saat bermain gadget. Hal ini penting untuk menghindari anak mendapatkan konten yang tidak sesuai dengan usia mereka. Lebih baik lagi jika anak bermain gadget di ruang terbuka, seperti di ruang tengah, sehingga kita dapat dengan mudah memantau konten yang mereka akses. Hindari anak bermain gadget di kamar mereka sendiri, karena sulit bagi kita sebagai orang tua untuk mengawasi apa yang mereka tonton.

 

Memantau aktivitas anak di dunia maya


Sebagai orangtua, Anda dapat memantau aktivitas anak di dunia maya. Anda bisa melihat riwayat penelusuran video yang mereka tonton dan memastikan bahwa konten tersebut sesuai dengan usia mereka. Jika Anda menemukan hal yang mencurigakan, Anda dapat memblokir situs yang mengandung konten yang tidak pantas. Jika anak Anda sudah menggunakan media sosial, Anda juga dapat memantau daftar teman di akun mereka serta melihat isi kolom komentar dalam unggahan mereka. Lebih baik lagi jika Anda mendaftarkan akun anak di ponsel Anda sendiri, sehingga Anda dapat dengan mudah memantau aktivitas mereka di media sosial.

Berkomunikasi dengan anak


Sebelum memberikan gadget kepada anak, penting untuk menjelaskan dengan jelas situs dan konten yang boleh dan tidak boleh mereka akses. Jika anak sudah menggunakan media sosial, ajarkan mereka untuk melaporkan kepada Anda atau guru jika mereka mendapatkan ancaman atau pelecehan melalui komentar. Hal ini penting mengingat adanya kasus cyberbullying yang semakin banyak terjadi di kalangan anak-anak dan remaja.

 

Hindari menggunakan gadget sebagai alat untuk menenangkan anak yang rewel


Terkadang, kita menggunakan gadget sebagai cara untuk menenangkan anak yang rewel. Namun, sebaiknya kita tidak terlalu sering menggunakan gadget sebagai "obat anti rewel". Sebagai gantinya, ajari anak bagaimana mengenali dan mengatasi emosinya sendiri. Anak perlu belajar bagaimana mengatasi kebosanan, menenangkan diri, dan mengungkapkan emosi mereka ketika senang, sedih, atau marah.

 

Menyeimbangkan antara dunia maya dan nyata


Penting bagi orang tua untuk menjaga keseimbangan antara penggunaan media digital dengan pengalaman di dunia nyata. Ajak anak untuk berpartisipasi dalam kegiatan di dunia nyata seperti berlari, menari, bernyanyi, dan berbagai aktivitas seru lainnya. Bermain di dunia nyata dapat melatih perkembangan motorik anak secara optimal. Saat bertemu dengan teman sebaya, anak sedang melatih kemampuan sosial dan emosional mereka di usia dini.

 

Pinjamkan gadget sesuai dengan kebutuhan anak


Sebagai bagian dari pendidikan anak di era digital, Kita dapat meminjamkan gadget sesuai dengan kebutuhan anak. Hal ini akan membantu anak belajar mengendalikan diri dan mengatur keinginan mereka. Mereka juga akan belajar berbagi dengan menggunakan satu gadget secara bersama-sama. Meskipun dunia digital memiliki potensi dampak negatif pada kesehatan mental anak, tetapi masih banyak manfaat yang bisa didapatkan darinya. Namun, bukan berarti orang tua harus melepaskan kendali sepenuhnya, karena anak dapat kecanduan gadget jika tidak diawasi.

Dengan menerapkan tips-tips di atas, kita dapat membantu anak menghadapi era digital dengan bijak dan memaksimalkan manfaat yang diperoleh dari teknologi. Sebagai orang tua, Kita memiliki peran penting dalam membimbing anak untuk menjadi individu yang bertanggung jawab dan cerdas dalam menggunakan teknologi.